Contoh HISTORIOGRAFI Hutan Meranti Kotabaru



HEURISTIK    

                Dalam Heuristik saya mendapatkan Informasi dengan cara mewawancarai orang-orang yang memngetahui sejarah perkembangan Hutan Meranti sebagai Hutan Ekowisata di kotabaru. Saya melakukan wawancara dengan tiga orang yaitu Ir. Rurien Hardjanti MM, Juned Usodo S.Sos, dan James Sitio.
       
              1. Rurien Hardjanti MM
Ibu Rurien adalah Kepala Dinas Kehutanan Kab. Kotabaru beliau mengatakan bahwa Hutan meranti terletak di desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru yang terletak di ketinggian 100-400 m dibawah permukaan laut yang awalnya merupakan tanah seluas ±300 ha, dimana pada tahun 1976 PT.Inhutani II menanam bibit Pohone meranti putih (Shorea) di Hutan Ini dengan jarak 3 x 3 m. Berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 435/kpts-II/2009 tanggal 23 Juli 2009 tentang Penunjukkan Kawasan hutan Provinsi Kalimantan Selatan Bahwa lokasi kawasan Ekowisata berada pada kawasan Hutan Lindung, tanaman Meranti putih merupakan salah satu tanaman produksi utama hutan yang satu-satunya BUMN sector Kehutanan Di Kalimantan Selatan. Menurut beliau, alasan  Hutan Meranti Menjadi Ekowisata karena, Kawasan yang strategis, jalan yang sudah semakin membaik, ditambah fasilitas yang cukup didalam hutan, variasi burung dan tanaman yang ditambah didalamnya, serta mengunjungi Hutan tanpa membayar.

 2. Juned Usodo S.Sos
Beliau merupakan Polisi Kehutanan yang menjaga Pos Keamanan di Hutan Meranti, beliau biasa saya panggil Om Juned beliau mengatakan bahwa Hutan Meranti terletak di Desa Sebelimbingan saat ini keadaan Hutan Meranti, dilengkapi pos keamanan,dengan  jalan yang cukup baik, udara yang segar, letak yang strategis, dan didalam hutan juga sudah ditambah dengan bermacam tanaman, seperti variasi bunga dan burung.dari keadaan tersebut menurut beliau itu merupakan alasan mengapa Hutan Meranti sebagai hutan Ekowisata.

3. James Sitio
Beliau adalah Bapak Saya sendiri yang sudah lama menjaga Hutan Meranti, Bapak saya ini seorang polisi kehutanan juga.Beliau Mengatakan Didalam Hutan meranti terdapat banyak tanaman Meranti Putih yang ditanam PT. Inhutani II pada tahun 1976.Hutan meranti berada di desa Sebelimbingan Kotabaru . Keadaan Hutan Meranti yang sekarang lebih baik dari sebelumnya disaan beliau menjaga Pos pertama kali. Beliau menambahkan bahwa  Hutan Meranti sebagai hutan Ekowisata ialah, tempat yang strategis, jalan yang sudah semakin membaik, keadaan Pepohonan Meranti yang tumbuh subur, serta yang kita ketahui masuk ke Hutan meranti tidak perlu membayar.



RUMUSAN MASALAH

1.       Kapan pertama kali Hutan Meranti ada?
2.       Siapa saja yang terlibat dalam Pembangunan Hutan Meranti?
3.       Mengapa Hutan Meranti menjadi Hutan Ekowisata?



TUJUAN PENULISAN

Untuk mengetahui kapan pertamakali Hutan Meranti ada, siapa saja yang berperan dalam Hutan Meranti, serta Mengapa Hutan Merantimenjadi Hutan Ekowisata.



MANFAAT PENULISAN

Dalam penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada banyak orang mengenai penjelasan sebenarnya tentang Hutan Meranti di Kotabaru yang menjadi Hutan Ekowisata.



JAWABAH RUMUSAN MASALAH

1.       Kapan pertama kali Hutan Meranti ada?
JAWAB : Pada tahun 1976 dimana PT.Inhutani II menanam bibit pohon meranti

2.       Siapa saja yang terlibat dalam Pembangunan Hutan Meranti?
JAWAB : PT. Inhutani II beserta jajarannya, Kepala Dinas Kab.Kotabaru serta para Polisi   Kehutanan

3.       Mengapa Hutan Meranti menjadi Hutan Ekowisata?
JAWAB : Karena letak yang strategis, kondisi jalan yang membaik, fasilitas yang baik dan cukup lengkap serta mengunjungi tanpa harus membayar




KRITIKAN SUMBER (VERIFIKASI)

Berdasarkan wawancara yang saya lakukan serta informasi yang saya dapatkan dari Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kotabaru Ibu Rurien sebagai kunci dari Hutan Meranti, Om Juned sebagai penjelas informasi ini dimana beliau cukup lama menjaga hutan meranti ini dan memiliki pengalaman tentang hutan yang baik, kemudian dari Pak James dimana beliau yang lebih lama lagi menjaga Hutan Meranti tersebut, dan dari semua wawancara tersebut saya sudah mendapatkan beberapa foto tentang Hutan Meranti Ini, berikut Informasinya :

·         Informasi yang saya dapatkan dari Kepala Dinas Kehutanan
1.       Pada tahun 1976 Hutan Meranti mulai ada yaitu dengan ditanamnya bibit Pohon meranti putih
2.       Hutan meranti terletak di desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru
3.       Berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 435/kpts-II/2009 tanggal 23 Juli 2009 tentang Penunjukkan Kawasan hutan Provinsi Kalimantan Selatan Bahwa lokasi kawasan Ekowisata berada pada kawasan Hutan Lindung, tanaman Meranti putih merupakan salah satu tanaman produksi utama hutan yang satu-satunya BUMN sector Kehutanan Di Kal-Sel
4.       Alas an Hutan Meranti Menjadi Ekowisata karena, Kawasan yang strategis, jalan yang sudah semakin membaik, ditambah fasilitas yang cukup didalam hutan, variasi burung dan tanaman yang ditambah didalamnya, serta mengunjungi Hutan tanpa membayar

·         Informasi yang saya dapatkan dari Pak Juned Usodo
1.       Hutan Meranti terletak di Desa Sebelimbingan
2.       Keadaan Hutan Meranti saat ini, dilengkapi pos keamanan, jalan yang cukup baik, udara yang segar, letak yang strategis, dan didalam hutan juga sudah ditambah dengan bermacam tanaman, seperti variasi bunga dan burung.
3.       Penjelasan keadaan tersebut yang merupakan alasan mengapa Hutan Meranti sebagai hutan Ekowisata

·         Informasi yang saya dapatkan dari pak james Sitio
1.       Didalam Hutan meranti terdapat banyak tanaman Meranti Putih yang ditanam PT. Inhutani II pada tahun 1976
2.       Hutan meranti berada di desa Sebelimbingan
3.       Keadaan Hutan Meranti yang sekarang lebih baik dari sebelumnya disaan beliau menjaga Pos pertama kali
4.       Alasan Hutan Meranti sebagai hutan Ekowisata ialah, tempat yang strategis, jalan yang sudah semakin membaik, keadaan Pepohonan Meranti yang tumbuh subur, serta yang kita ketahui masuk ke Hutan meranti tidak perlu membayar.



INTERPRETASI

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan:
1.       Dari Ir.Rurien hardjanti MM saya simpulkan bahwa Hutan Meranti ini merupakan Hutan Ekowisata yang ada pada tahun 1976 dimana PT. Inhutani II menanam bibit pohon meranti putih ditanah seluas ±300 ha. Hutan ini sebagai HHutan Ekowisata sebab, keadaan hutan meranti cukup baik dimana jalan yang membaik, letak yang strategis, serta tanpa membayar untuk mengunjungi Hutan Ini.

2.       Dari Pak Juned Usodo saya simpulkan tentang letak Hutan meranti ini yaitu di desa Sebelimbingan dan sebab menjadi Hutan Ekowisata ialah jalan yang bagus, letak yang strategis, dengan udara yang segar serta fasilitas yang memadai.

3.       Yang terakhir dari Pak James Sitio saya simpulkan bahwa  hutan meranti ada pada tahu 1976 saat PT. Inhutani II menanam bibit pohon meranti putih banyak jenis tanaman serta burung, dengan alas an sebagai Ekowisata karena letak yang strategis, jalan yang membaik, pepohonan yang subur, serta masuk ke dalam gratis.

Darisemua informasi diatas saya mendapatkan banyak kesamaan informasi dan saya simpulkan bahwa  Hutan Meranti ini merupakan Hutan Ekowisata yang ada pada tahu 1976 ketika PT. Inhutani II menanam bibit Pohon meranti putih di tana seluas ±300 ha. Hutan meranti disebut sebagai Ekowisata Karena keadaan hutan yang cukup baik, letak yang strategis, serta masuk dang mengunjungi hutan tanpa biaya atau gratis.



HISTORIOGRAFI

Hutan meranti berada di Desa Sebelimbingan, Pulau Laut Utara, Kotabaru yang merupakan Hutan Ekowisata yang ada pada tahun 1976. PT. Inhutani II menanam bibit Pohon meranti Putih dengan nama latin Shorea ditanah Hutan yang luasnya ±300 ha. Banyak tanaman baru serta jenis burung didalam Hutan Ini. Namun, itu tidak akan sepenuhnya menggantikan kedudukan Meranti Putih sebagai maskot Hutan Meranti ini.

Begitu juga keadaan Hutan Meranti ini, dengan udara yang segar dan letak yang strategis, jalan yang bagus, serta ditambah dengan fasilitas yang lengkap.

Oleh karena itu, Hutan meranti ini disebut sebagai Ekowisata karena letaknya yang strategis, jalan yang semakin bagus, udara yang segar, serta kekhasan Meranti Putih yang selalu menarik Hati para pengunjungnya juga untuk masuk ke Hutan ini gratis, tidak hanya itu kita tetap terjaga dengan fasilitas dan keamanan yang lengkap.


HUTAN MERANTI



  Penulis : Florentina Sitio




 


 

Komentar