Materi Fisika ALAT OPTIK (Mikroskop)

  • Mikroskop 
Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda–benda yang renik, dengan kemampuan untuk memperbesar bayangan hingga berlipat-lipat.Mikroskop yang paling sederhana menggunakan kombinasi dua buah lensa positif,dengan panjang fokus objektif lebih kecil daripada jarak titik fokus lensa okuler.
  • Prinsip Kerja Mikroskop
    • Prinsip kerja mikroskop adalah objek ditempatkan di ruang dua lensa objektif sehingga terbentuk bayangan nyata terbalik dan diperbesar. Lensa okuler memiliki peran sebagai lup, sehingga pengamat dapat melakukan dua jenis pengamatan yaitu dengan mata tak berakomodasi atau dengan mata berakomodsi maksimum. Pilihan jenis pengamatan ini dapat dilakukan dengan cara menggeser jarak benda terhadap lensa objektif yang dilakukan dengan tombol soft adjustment ( tombol halus yang digunakan untuk menemukan fokus ).
    • Pengamatan menggunakan mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum. Pengamatan ini menempatkan bayangan akhir ( bayangan lensa okuler ) maya pada titik dekat pengamat ( PP ). Perbesaran mikroskop pada pengamatan ini  adalah :

  

Keterangan :

        S (Ob ) = jarak benda lensa objektif (m)                f ( Ok ) = panjang fokus lensa okuler (m)

        S’ ( Ok ) = jarak bayangan lensa objektif (m)

        PP = titik dekat pengamat (m)
  • Prinsip Kerja Mikroskop 
Pengamatan menggunakan mikroskop dengan mata tidak berakomodasi. Pengamatan ini menempatkan bayangan akhir ( bayangan lensa okuler ) maya pada titik jauh pengamat ( PR ). Perbesaran mikroskop pada pengamatan ini adalah :  
 


Keterangan :
        S (Ob) = jarak benda lensa objektif (m)
        S’ (Ob) = jarak bayangan lensa objektif (m)
        PP = titik dekat pengamat (m)
        f (Ok) = panjang fokus lensa okuler (m)


Panjang mikroskop diukur dari jarak antara lensa objektif dan lensa okuler
        A. Mata berakomodasi maksimum
                        d = Si (Ob) + So (Ok)
        B. Mata tak berakomodasi
                        d = Si (Ob) + f (Ok)

Komentar