PENGARUH PERANG DINGIN TERHADAP NEGARA INDONESIA DI BERBAGAI BIDANG

Bidang Ekonomi: Sistem ekonomi dunia saat perang dingin terdiri atas sistem ekonomi
Kapitalis yang di pimpin oleh Amerika Serikat dan sistem ekonomi sosialis yang di pimpin oleh Uni Soviet. pengaruh kekuatan PKI yang saat itu mendominasi politik dan ekonomi Indonesia, sehingga menggarahkan pandangannya ke Blok Timur yang berhaluan komunis. Selain itu juga disebabkan negara-negara Barat terkesan enggan memberikan bantuan ekonomi dan persenjataan dalam rangka perbaikan ekonomi.


Bidang Sosial: negara adikuasa yaitu Amerika serikat dan Uni Soviet memberikan pinjaman modal untuk negara negara berkembang seperti Indonesia, serta menyebarluaskan ideologinya. Sehingga laihir Pancasila yang merupakan gabungan antara ideologi liberal dan komunis


Bidang Budaya: akibat tersebarnya HAM di dunia menyebabkan HAM mulai di akui, termasuk di Indonesia, rakyat pun mengakui keberadaanya. Dengan adanya HAM, Indonesia membudayakan sistem HAM dengan di masukannya di UUD 1945.



Bidang Politik: Pada tahun 1960-an ketika Indonesia menerapkan sistem demokrasi terpimpin pemerintah mengarahkan pandangan politiknya ke negara-negara Blok Timur yang berhaluan komunis. Hal ini disebabkan pengaruh kekuatan PKI yang saat itu mendominasi politik Indonesia. menjadikan Indonesia dicap negara berhaluan komunis oleh masyarakat Internasional. Kemudian, perubahan tampuk kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto merubah halauan kebijakan luar negeri Indonesia. Komunis dinyatakan sebagai ajaran terlarang di Indonesia sehingga semua hubungan dengan negara-negara komunis diputuskan.

Komentar