Materi Bahasa Indonesia; Laporan dan Berita

A. LAPORAN (REPORT)

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari laporan, yaitu (1) segala sesuatu yang dilaporkan, dan (2) berita.

   Pengertian pertama: laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan seperti (a) kegiatan kerja perusahaan: laporan administrasi, laporan akhir tahun, laporan berkala, laporan keuangan, laporan tahunan, (b) pengamatan meteorologi: laporan cuaca dan laporan gawat, (c) catatan kejadian: laporan polisi untuk diberitakan, (d) kegiatan penelitian: laporan penelitian, laporan statistik, dan kegiatan serta pengamatan lainnya.

   Pengertian kedua: laporan adalah berita. Arti tersebut dimaksudkan bahwa sebuah berita adalah peristiwa yang dilaporkan atau dipublikasikan kepada khalayak umum, baik secara tertulis maupun lisan. Laporan disebut report, proses pelaporannya disebut reportase, dan orang yang melaporkan disebut reporter. Apa yang dilaporkan? Berita.

  Dari dua pengertian laporan di dalam KBBI, F.X. Soejadi mendevinisikan bahwa laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggungjawab (responbility) yang ada di antara mereka. Devinisi yang diberikan Soejadi lebih mengarah pada kegiatan kerja perusahaan. Dalam Pelajaran 01 ini yang akan dibahas tentang laporan devinisi kedua dari KBBI, yakni laporan peristiwa penting (berita) yang dilaporkan baik secara tertulis maupun lisan. Oleh karena itu, haruslah terlebih dahulu memahami konsep dasar berita.

B. BERITA (NEWS)

   Kata berita secara etimologi atau asal usul katanya berasal dari bahasa Sansekerta vrit ‘terjadi’ dan vritta ‘kejadian’. Jadi, berita mempunyai arti sesuatu yang terjadi atau kejadian (peristiwa). Dalam bahasa Inggris news artinya berita yang di dalamnya terdapat kata new ‘baru’. Hal ini menyatakan bahwa berita itu adalah peristiwa baru yang dipublikasikan melalui media cetak atau elektronik.

   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada tiga arti berita: (1) cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, disebut juga kabar, (2) laporan, dan (3) pemberitahuan atau pengumuman.

   Berdasarkan etimologi dan arti kata berita di dalam KBBI tersebut, dapatlah diuraikan pengertian berita secara umum. Berita adalah informasi yang sedang hangat atau baru tentang segala hal yang terjadi dan dilaporkan atau disampaikan baik secara lisan maupun tulisan kepada orang ketiga atau khalayak ramai. Penyampaian berita secara lisan dapat dilakukan dari mulut ke mulut atau melalui media elektronik seperti siaran radio dan televisi, sedangkan secara tulisan melalui media cetak, yakni surat kabar, majalah, tabloid,dan selebaran pengumuman. Dengan perkembangan teknologi saat ini, berita dapat dilaporkan baik secara lisan maupun tulisan di media online atau internet.

Komentar